" PROMO HEBOH & MENARIK : informasi all type new varian Hyundai Mobil Indonesia Sales & Marketing · Daerah JABODETABEK dan luar => Hub: ALFIN : 082122781705 / 085854471101 "!!!"Bahagiakan orangtuamu selagi waktu masih mengijinkannya # Suara Artama @ Saat kamu yakin tak bisa, berdoa berdoa dan berdoa lah. Karena mukjizat bisa dapat kapan saja Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Masjid Pertama Dibangun Rasulullah

berita

ARAB SAUDI merupakan negara yang dikenal dengan dua Tanah Suci, yakni Makkah dan Madinah. Di dua tempat tersebut turunnya wahyu Allah SWT yang sekarang tersurat di Al Qur'an. Wahyu tersebut diturunkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.



Putra dari Abdullah dan Aminah ini terus menyiarkan agama Islam dan berjuang menyadarkan kaum Arab yang kala itu menyembah berhala. Ringkasan ini pasti diketahui sebagian besar umat islam di muka bumi, termasuk Indonesia. Namun tahukah Anda mesjid yang kali pertama dibangun Rasulullah?

Jawabannya adalah Masjid Quba. Mesjid ini dibangun pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Quba terletak sekira 5 kilometer tenggara kota Madinah. Lantas apa pengertian dari kata Quba?

Dalam Al Qur'an disebutkan Quba adalah mesjid yang dibangun atas dasar takwa seperti tertuang dalam Surat At Taubah:108. Allah memuji masjid ini. Kaum muslim yang mendirikan shalat dari kalangan penduduk Quba.

Firman Allah SWT, Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri. (At Taubah, 108).

Masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi. Khalifah Umar bin Abdul Aziz adalah orang pertama yang membangun menara masjid ini. Sakarang renovasi masjid ini ditangani keluarga Saud.

Mengutip buku berjudul Sejarah Madinah Munawarah yang ditulis Dr Muhamad Ilyas Abdul Ghani, masjid Quba telah direnovasi dan diperluas pada masa Raja Fahd ibn Abdul Aziz pada 1986. Renovasi dan peluasan ini menelan biaya sebesar 90 juta riyal (Rp21,3 miliar) yang membuat masjid ini memiliki daya tampung hingga 20 ribu jamaah. Kini Masjid Quba dianggap sebagai contoh bentuk dari pada masjid-masjid yang didirikan orang di

Di sebelah utara dibuat serambi untuk sembahyang yang bertiang pohon korma, beratap datar dari pelepah dan daun korma, bercampurkan tanah liat. Di tengah-tengah ruang terbuka dalam masjid yang kemudian biasa disebut sahn, terdapat sebuah sumur tempat wudhu, mengambil air sembahyang. Kebersihan terjaga, cahaya matahari dan udara dapat masuk dengan leluasa.

Masjid ini memiliki 19 pintu. Dari 19 pintu itu terdapat tiga pintu utama dan 16 pintu. Tiga pintu utama berdaun pintu besar dan ini menjadi tempat masuk para jamaah ke dalam masjid. Dua pintu diperuntukkan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah perempuan.

Diseberang ruang utama mesjid, terdapat ruangan yang dijadikan tempat belajar mengajar.

Auto backlink

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link ini dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Sistema Enlaces Reciprocos